cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2011): Juni" : 5 Documents clear
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN ETIKA BISNIS (PERSPEKTIF ETIKA MORAL IMMANUEL KANT) Fauzan, Fauzan
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 7 No. 2 (2011): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.893 KB)

Abstract

Program CSR (Corporate Social Reponsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang baru. Ide yang mendasari Corporate Social Responsibility (CSR), sering dianggap sebagai inti dari etika, kewajiban bisnis perusahaan di samping tugas hukum dan ekonomi, adalah untuk mencapai tujuan jangka panjang untuk kesejahteraan masyarakat. CSR memandang perusahaan sebagai agen moral dengan parameter keberhasilan perusahaan mengutamakan prinsip-prinsip moral dan etika yang akan memberikan manfaat paling besar untuk masyarakat. Tanggung jawab perusahaan terdiri dari : Tanggung jawab Filantropis, Tanggung Jawab Etis, Tanggung Jawab Hukum dan Tanggung Jawab Ekonomi. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab sosial adalah untuk mengambil tanggung jawab secara komprehensif melalui lima pilar, yaitu, (1) berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk memperoleh dukungan sumber daya manusia yang kompeten. (2) terkait dengan kepentingan pelanggan. (3) terkait dengan investor dan kreditur. (4) berkaitan dengan lingkungan alam. (5) untuk mendukung kesejahteraan masyarakat umum. Pelaksanaan program CSR yang hanya didasarkan pada proses pencitraan perusahaan dan asas taat pada peraturan pemerintah menurut Kant tidak memenuhi syarat moral. Dalam pandangan Kant, pelaksanaan CSR yang memenuhi syarat etis adalah Perusahaan yang melaksanakan CSR nya tidak dilandasi oleh tendensi-tendensi tertentu, mereka hanya bertindak demi untuk kewajibannya semata-mata. Tindakan yang semata-mata karena kewajiban inilah yang menurut Kant dikatakan sebagai Imperatif Kategoris, disini kehendak dan hukum adalah satu. Inilah yang disebut Kant sebagai “budi praktis yang murni” (reine praktische vernunft). Disini tidak diperlukan alasan atau syarat apapun bagi pelaksanaannya. Imperatif kategoris inilah yang dipandang Kant sebagai azas kesusilaan yang transcendental. Keharusan yang transcendental dan amat kokoh ini mewujudkan inti segala persoalan etis. Keharusan ini bersifat mutlak, tidak memperhatikan selera suka-tidak suka, menguntungkan atau tidak menguntungkan 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN KONSEKUENSINYA PADA LOYALITAS (STUDI PADA OBYEK WISATA DI KABUPATEN MALANG) Mustikowati, Rita Indah; Sarwoko, Endi
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 7 No. 2 (2011): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.843 KB)

Abstract

Studi ini meneliti kepuasan wisatawan yang mengunjungi obyek wisata yang ada di Kabupaten Malang dengan menggunakan konsep dasar Swedish Customer Satisfaction Barometer (SCSB). Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh langsung kualitas layanan (service quality) terhadap kepuasan wisatawan domestik (customer satisfaction), menganalisis pengaruh langsung harapan konsumen (customer expectation) terhadap kepuasan wisatawan domestik (customer satisfaction), dan menganalisis pengaruh langsung kepuasan konsumen (customer satisfaction) terhadap loyalitas konsumen (customer loyalty) wisatawan domestik. Sampel penelitian adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke objek wisata (Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep dan Pantai Bale Kambang), yaitu sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, tidak ada pengaruh yang signifikan anatara harapan dengan kepuasan pelanggan, ada pengaruh langsung antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas konsumen. Variabel kualitas layanan yaitu reliability dan emphaty memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pelanggan sedangkan responsiveness, assurance, dan tangible memilki pengaruh yang cukup signifikan.
ANALISIS MANAJEMEN LABA PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERINGS (IPO): INDIKASI SIKAP OPORTUNISTIK MANAJEMEN Susilawati, R. Anastasia Endang
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 7 No. 2 (2011): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.926 KB)

Abstract

The purpose of this analysis is to: (1) look for the empirical proof if the earning management is opportunistic, so discretionary accruals to IPO period will predict the decrease of kinergy on pasca period of IPO; (2) look for the empirical proof whether the decrease of issuer kinergy is bigger than matched-pair because of doing earning management. This analysis used issuer data in the period of 2004-2005, there were 30 issuers and matched-pair. The methodology is as done by Teoh et al. (1998a). The result of the analysis shows that the go public company’s managers are opportunistic by doing earning management to fix the kinergy, it is proved by positive point of discretionary accruals on offering period. The positive point of discretionary accruals indicates that earning management which has been done by the managers are income increasing. Another invention indicates that issuers do earning management more aggresively than matched-pair, and in long period earning management which has been done by the manager could not be continued, so that the company will get the decrease of kinergy on pasca IPO
STUDI EKSPLORATORIS TERHADAP PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN INSTITUSI SEKTOR PUBLIK Rosalina, Kristin; Zaki, Akhmad; Rusdi, M. Khoru
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 7 No. 2 (2011): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.384 KB)

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa kasus manipulasi laporan keuangan yang melanda perusahaan besar di dunia juga terjadi pada institusi sektor publik. Hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) mengambarkan bahwa praktik creative accounting pada institusi sektor publik sangat tinggi. Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali lebih dalam tentang bentuk dan motif beberapa praktik creative accounting pada salah satu institusi sektor publik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus tunggal dengan multi sumber bukti yang bersifat eksploratoris. Hasil penelitian menggambarkan bahwa praktik creative accounting dalam penyusunan laporan keuangan suatu institusi sektor publik berupa: a) pelanggaran prosedur saling silang realisasi anggaran, b) pembuatan bukti pendukung fiktif untuk pengeluaran, c) pengakuan aset yang tidak dimiliki. Motif dibalik praktik creative accounting ternyata juga disebabkan oleh faktor diluar kendali dari pejabat, antara lain: a) sistem keuangan yang menekankan pada konsep belanja dan pendapatan, b) prinsip legalitas diatas substansi (form over substance), dan c) tekanan dari lingkungan kerja 
KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN RISIKO BISNIS TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA Hariyanto, Sugeng
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 7 No. 2 (2011): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.999 KB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan faktor-faktor karakteristik perusahaan dan risiko bisnis terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan automotif yang go publik di Bursa Efek Indonesia, dengan tahun 2007-2010 Teknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling. Karakteristik perusahaan merupakan faktor fundamental perusahaan, yang menggambarkan kemampuan perusahaan sekarang dan di masa yang akan datang. Investor melihat fundamental perusahaan merupakan cerminan prospek perusahaan di masa yang akan datang, yang selanjutnya akan mempengaruhi harga saham. Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis karakteristik perusahaan dan risiko bisnis terhadap harga saham pada perusahaan automotif. 2) Untuk menganalisis pengaruh variabel karakteristik perusahaan dan risiko bisnis secara simultan terhadap harga saham. 3) Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap harga saham pada perusahaan automotif yang go publik di BEI pada tahun 2007-20010. Berdasarkan hasil analisis menujukkan EPS, ROE, NPM,intensitas aktiva dan DOL berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan, dimana variabel ROE mempunyai kontribusi yang paling domiann. Secara simultan variable bebas berpengaruh terhadap Harga saham. Secara semultan karakteristik perusahaan dan risiko bisnis berpengaruh terhadap harga saham 

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue